30 November 2019 09:31:27
Ditulis oleh OAD

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD)

www.kebonagung-rengel.desa.id  Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Desa Kebonagung merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh UPTD PUSKESMAS Rengel yang bertujuan untuk menggali dan membahas segala permasalahan terutama dibidang Kesehatan yang ada didesa.

Aacara ini berlokasi di Balai Desa Kebonagung dan dihadiri oleh Tim UPTD Puskesmas Rengel,Perangkat Desa,Ibu-ibu PKK, Kader-kader Posyandu, Tim KB Desa,Ketua RT /RW,Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. 

Secara umum Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) merupakan pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakat dan para petugas untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri tersebut. dari hasil survei di desa Kebonagung didapatkan identifikasi permasalahan sbb:

  1. Banyaknya Penerima BPJS PBI yang kartunya sudah tidak aktif
  2. Masih tingginya pengelolaan sampah masyarakat dengan cara di bakar karena belum adanya Tempat Pembuangan Sampah Sementara
  3. Masih banyaknya masyarakat yeng belum mempunyai tanaman obat keluarga di pekaranganya
  4. Masih adanya penderita penyakit jantung yang tidak berobat secara teratur
  5. Kegiatan POSBINDU PTM yang tingkat kehadiranya masih rendah.

Dari hasil survei di atas beberapa  persoalan kesehatan yang terjadi di Desa Kebonagung tersebut, mari kita carikan solusi bersama sesuai potensi yang dimiliki. Sehingga harapan kedepan bisa masuk dalam perencanaan di Desa maupun perencanaan Puskesmas. Kami juga berharap Desa dapat menganggarkan  dari Dana Desa yang diperolehnya untuk bidang kesehatan,” pinta Ibu DARWATI Selaku Perwakilan Tim UPTD Puskesmas Rengel kepada pihak Desa.


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus