24 Oktober 2019 20:15:40
Ditulis oleh OAD

REHAB RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (RTLH)

www.kebonagung-rengel.desa.id Kamis (24/10/2019) Dana Desa  adalah Dana yang Bersumber dari APBN Pusat untuk desa guna mempercepat pembangunan desa baik pembangunan fisik maupun non fisik. Dana Desa bisa digunakan untuk Bidang Pembangunan, Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat yang mana sistem pengelolaanya dilakukan dg Padat Karya Tunai  (PKT) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting. Ini adalah program arahan langsung dari presiden, yang dilaksanakan untuk seluruh desa di Indonesia.

Sesuai dengan aturan -aturan yang ada , maka Pemdes Kebonagung juga berupaya semaksimal mungkin untuk Bidang-bidang yang bisa didanai DD. Salah satunya Penyelarasan Program Kabupaten adalah RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) dengan aturan proporsional 1:2 antara BKK Kabupaten (Bantuan Keuangan Khusus Kabupaten)  dan Dana Desa. Desa Kebonagung mendapatkan 1 rehab rumah dari Dana BKK sehingga harus mengalokasikan 2 rumah dari Dana Desa. Besaran per unit rumah antara BKK dan DD adalah sama yaitu Rp 15.000.000,- (belum dipotong pajak PPN dan PPh) dan BOP Tim Pelaksana Kegiatan.

Dengan dana Rp 15.000.000,-/unit sangatlah terbatas untuk membangun rumah yang bisa dikatakan layak. Maka dari itu, sebagian warga penerima RTLH melakukan swadaya dengan besaran bervariasi bahkan ada yang berupa tenaga guna memaksimalkan pembangunan/rehab rumah tersebut. Sampai saat ini sudah 2 Rumah Yang tahap pengerjaanya sudah 100 %  yaitu Rumah Bpk Paridjan Dusun Popohan Kidul RT 01/02 dan Rumah Bpk Suyitno Dusun Butoh RT 01/03 . masih satu rumah yang pengerjaanya segera dilakukan oleh Tim Pelaksana Kegiatan.

 


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus